VISI:

Visi merupakan gambaran tentang kondisi ideal yang diinginkan pada masa mendatang. Visi memperlihatkan gambaran keseluruhan terhadap kondisi yang akan dicapai secara jelas, ringkas, mudah diingat, memberi inspirasi, sebagai titik temu, memiliki fleksibilitas dan kreativitas dalam pelaksanaannya.

Selanjutnya dengan mempertimbangkan capaian pembangunan selama lima tahun terakhir dan tantangan pembangunan yang dihadapi, maka visi pembangunan daerah kami untuk tahun 2021-2024 adalah:


MEWUJUDKAN PANGKEP YANG RELIGIUS, ADAPTIF, MAJU, ADIL, DAN HUMANIS

RELIGIUS:
Gambaran kondisi masyarakat yang penduduknya menjadikan agama sebagai cara hidup dan tata sosial yang menyeluruh, keharmonisan, kerukunan, dan pembangunan karakter yang pondasi dasar pembangunan.

ADAPTIF:
Pengelolaan pemerintahan dalam melakukan percepatan pelayanan, efisiensi dalam pelayanan, elektabilitas kerja, dan akurasi pelayanan menuju revousi industri generasi ke 4.

MAJU:
Suatu kondisi fisik dan non fisik yang unggul dan berdaya saing, berperadaban, profesional serta beMawasan ke depan yang luas. Pembangunan diarahkan untuk membentuk daerah yang mandiri dengan segenap potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya buatan, namun tetap mengedepankan pentingnya kerjasama yang sinergis dan kearifan dalam pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan hidup dan ruang.

ADIL:
Terwujudnya pemerataan pembangunan sesuai dengan pengembangan potensi daerah, pelayanan informasi publik yang berimbang dan transparan serta pembangunan yang adil dan merata, tanpa diskriminasi, baik antar golongan maupun wilayah, sehingga hasil pembangunan dapat dinikmati masyarakat.

HUMANIS:
Reformasi birokrasi (bersifat melayani bukan dilayani), tata ruang yang konsisten, lingkungan yang kondusif (suistainable development), pembangunan yang hasilnya akan dapet dinikmati oleh masyarakat (bukan orang per orang atau kelompok tertentu/keadilan sosial).

MISI:

Misi merupakan pemandu atau rumusan upaya yang akan dilakukan untuk mencapai Visi dengan menawarkan keunggulan tertentu. Dalam rangka mencapai visi “Mewuiudkan Pangkep Yang Religius, Adaptif, Maju, Adil dan Humanis, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, berprestasi, mandiri, berkarakter dan berbudaya yang dijiwai nilai-nilai keagamaan.
  • Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, bersih, efektif dan terpercaya (good governance).
  • Meningkatkan struktur ekonomi kuat untuk menggerakkan produktivitas perekonomian yang tangguh berbasis potensi daerah.
  • Mewujudkan pembangunan yang adil dan merata berbasis kawasan dengan mengoptimalkan sumber daya alam didukung oleh tekhnologi serta infrastruktur yang berkualitas.
  • Meningkatkan ketahanan pangan, dan kualitas lingkungan hidup.

Untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah di atas, nilai-nilai dasar yang dijadikan pedoman adalah kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, demokratis dan berbudaya. Nilai-nilai dasar ini harus menjadi landasan bagi berjalannya fungsi penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Kami juga menyadari bahwa dalam melaksanakan berbagai program yang kami sampaikan di atas tidak bisa melaksanakannya sendiri melainkan harus secara berama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan maupun masyarakat Pangkep yang berada di luar Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan mengedepakan nilai-nilai dan prinsip sipakatau, sipakainga, sipakalebbi diperkuat oleh doa dan usaha yang maksimal.

Namun itu semua tidak terlepas oleh dukungan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Organisasi Kepartaian Politik dalam mewujudkan stabilitas daerah, karena kami berkeyakinan bahwa kesinambungan pembangunan tidak lerlepas dari terwujudnya stabilitas daerah dan sekaligus mengharapkan ridho dari Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa, Amin.